Masih dalam Semarak Idul Fitri, Asrama UNNES Perkuat Silaturahim dengan adakan Halal Bihalal

Asrama Unnes – Sabtu (22/5) Asrama Universitas Negeri Semarang mengadakan halal bihalal yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya, kegiatan tersebut berlangsung dengan cair dan khidmat yang dihadiri oleh berbagai elemen undangan mulai dariManajer Asrama, pembina asrama, seluruh pengelola dan pegawai asrama, serta seluruh civitas akademika unnes yang bertempat tinggal di asrama.

Kegiatan yang berlangsung di hall lantai 1 Asrama Putri Universitas Negeri Semarang ini dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, Asma’ul Husna, dan dilanjutkan dengan pembacaan Ratib Al-Haddad. Dalam kesempatan tersebut, Manajer Asrama UNNES selaku Bapak H. Baidhowi, S.Ag., M.Ag., memberikan sambutan singkat. Dalam paparannya, beliau mengatakan bahwa dalam menyambut nikmat Idul Fitri 1442 H., atas nama seluruh pimpinan dan pengelola mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, semoga Allah menerima segala amal baik yang sudah dilakukan selama bulan puasa dan semoga Allah memberikan kekuatan dan kesehatan sehingga tahun depan kita semua dapat merasakan kembali kenikmatan ramadhan dan euphoria idul fithri.”

Manajer Asrama juga menuturkan bahwa kegiatan forum seperti ini tentu sangat baik dan dianjurkan karena tidak saja menjadi media untuk saling memaafkan, tetapi juga dapat memperkuat kebersamaan, menjalin persaudaraan dan tali silaturahim yang tentunya dibutuhkan dan menjadi modal sosial kita untuk membangun asrama unnes menjadi yang lebih baik.

Lebih jauh Manajer juga menyebutkan bahwa dengan kebersamaan pasti akan bisa saling melengkapi berbagai kekurangan masing-masing, sehingga pada akhirnya akan menghasilkan pekerjaan yang sempurna. “Kebersamaan juga akanlebih mudah untuk saling mengingatkan, sebagaimana tuntunan Al-Qur’an, saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Meskipun ditengah kondisi pandemi Covid-19, Manajer Asrama juga menegaskan bahwa semangat kebersamaan yang dibangun selama ini dilingkungan internal Asrama bersama segenap civitas academica yang ada didalamnya harus tetap solid dan terjaga. “Mudah-mudahan, kebersamaan ini akan menyatukan kita semua dalam semangat, pikiran, dan tingkah laku,” 

Dijelaskannya, halal bi halal merupakan amalan baik yang sudah disunnahkan dan menjadi ciri khas Islam Nusantara sejak zaman dahulu. Tradisi baik ini terus kita laksanakan sebagai wadah silahturahim sekaligus jadi ajang saling memaafkan antar sesama manusia. Karena Dosa-dosa kita kepada Allah dapat dihapus dengan ibadah wajib seperti Sholat Lima Waktu, Sholat Jumat, dan Berpuasa pada Bulan Ramadhan.Lalu bagaimana dengan dosa kita sesama manusia? Maka melalui halal bi halal atau saling maaf-memaafkan pada Hari Raya Idul Fitri ini lah kita dapat manfaatkan menghapus dosa sesama manusia,” ujarnya.

Semoga dengan terselenggaranya acara halal bihalal ini bisa semakin mempererat tali kekeluargaan segenap pengelola dan civitas akademika unnes. Taqabbalallohu Minna wa Minkum, Taqabbal yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon maaf lahir dan batin. Acara tersebut dilanjutkan dengan ceramah agama dan ditutup dengan do’a oleh Bapak Zubaedi serta di akhiri dengan ramah tamah dan makan bersama oleh seluruh undangan yang hadir.

Total Page Visits: 278 - Today Page Visits: 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *